Home » » Aksi Gerakan Ini Pohonku, Untuk Hutankan Lumajang

Aksi Gerakan Ini Pohonku, Untuk Hutankan Lumajang


Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari 21 Kecamatan dan Youth Information Community (YIC) yang terdiri dari sejumlah pelajar SMA/ SMK/ MA yang berada di wilayah Kab. Lumajang. Sabtu (15/3) melaksanakan sebuah Aksi Gerakan penanaman pohon bersama yang bertemakan “Aksi Gerakan Ino Pohonku, Untuk Hutankan Lumajang“ di lokasi Pemandaian Alam Selokambang.

Aksi Gerakan Ini Pohonku ini diikuti oleh kurang lebih 400 orang, Hadir dalam kegiatan itu 21 KIM kecamatan, YIC se Kabupaten Lumajang, KIM Bijak Kota Malang, Kepala Dinas Kehutanan Kab. Lumajang Ir. Imam Suryadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lumajang Ir. Nurul Huda, Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kab. Lumajang Drs. Gawat Sudarmanto, Dinas Pertanian Kab. Lumajang, Dinas Perkebunan Kab. Lumajang, Camat se Kabupaten Lumajang, Ketua Forum Lumajang Sehat DR. Eko Romadhon, Kepala Desa Purwosono dan Tokoh Masyarakat Desa Purwosono. Penanaman pohon bersama ini dalam rangka untuk memupuk rasa tanggugjawab bersama untuk menjaga dan meningkatkan agar Kabupaten Lumajang lebih hijau dan lebih bersih.

Sebelum acara penanaman pohon, KIM dan YIC dibekali materi “pentingnya menanam pohon dan lingkungan” oleh Andik Gondrong salah satu unsur JICA dan pelaku Restorasi Lingkungan Semeru dan Toni unsur TNBTS dari wilayah Kab. Lumajang, Kab. Malang, Kab. Pasuruan.

Penanaman pohon oleh Wakil Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag dalam kesempatan bertemu dengan  21 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Youth Information Community (YIC) sering mengungkapkan bahwa " semua kerusakan alam akibat ulah manusia. Ia meminta agar semua merenung dan mulai sadar bahwa seluruh peristiwa bencana alam dijadikan pijakan melakukan kebenaran. “Kita harus bertanya pada diri kita, sudah berapa pohon yang telah kita tanam. Karena hujan yang diturunkan adalah anugerah Tuhan untuk memberikan air ke muka bumi dan seberapa siap tanah ini menyimpan air tergantung dari seberapa banyak pohon yang kita tanam,” kata Wakil Bupati As’at. “Terima kasih KIM dan YIC yang telah melakukan gerakan menanam pohon, dan mari tekat ini dijadikan tekat kita bersama untuk mempertahankan kelestarian sumber mata air dan melestarikan lingkungan agar tetap hijau dan hasilnya akan dirasakan oleh anak cucu kita,” tambah Wakil Bupati As’at. Lalu, Wakil Bupati As’at mengajak KIM dan YIC mengangkat pohon dan mengucap kata “INI POHONKU, HUTANKAN LUMAJANG”, kemudian bersama sama menuju lokasi penanaman pohon di area Selokambang.


Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag, Sekretaris Daerah dr. Supriyanto M.Kes, ketua KIM Minak Koncar Sukodono, ketua YIC dan ketua KIM Bijak Kota Malang. 5 pohon langka yang ditanam itu terdiri dari kepel, pronojiwo, bisbul, saputangan, dan gowok menandai dimulainya penanaman pohon secara serentak di beberapa lokasi area Pemandian Selokambang. Selanjutnya KIM dan YIC akan melakukan penanaman pohon di Kecamatan/wilayah dimana KIM dan YIC berdomisili, utamanya di lokasi sumber-sumber mata air. KIM Bijak Kota Malang turut hadir untuk menanam pohon persahabatan. (anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger