Home » » Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes

Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes


Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes. Jantung Pisang adalah kelompok bunga yang ada pada bagian bawah pisang pada saat pisang mulai berbuah
Jantung pisang biasanya dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan buah dan mencegah penyakit pada tanaman pisang. Karena itu jantung pisang ini sering dianggap sebagai limbah.
Kita jangan meremehkan manfaat dari jantung pisang ini, jantung pisang memiliki nutrisi sangat tinggi. Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan.
Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah.
Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).
Memang benar tidak semua jenis Jantung Pisang enak dimakan. Jantung pisang ambon rasanya pahit karena memiliki kadar tannin tinggi. Gunakan jantung dari pisang jenis pisang siam, kepok, dan klutuk (batu).
Jenis Pisang ini memiliki kadar protein lebih tinggi dari pisang lainnya. Protein yang di hasilkan Jantung pisang ini menimbulkan rasa gurih yang dapat mengalahkan rasa pahit dari tannin. Untuk rasa yang paling enak, pilihlah jantung pisang batu.
Jantung pisang dapat dimakan sebagai lalap maupun dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, tumisan sampai dengan beragam bumbu.
Jantung pisang rebus rasanya tawar dan berair, enaknya dimakan sebagai lalap dan dicocol dengan sambal. Karena berserat dan empuk, jantung pisang biasanya menjadi kuliner alternatif pengganti daging bagi para vegetarian.
Artikel Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes ini, Sobat boleh menyebarkan-nya jika artikel Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes ini bermanfaat, namun jangan lupa meletakkan link Manfaat Jantung Pisang Cegah Serangan Jantung, Stroke dan Diabetes sumbernya. Terima kasih telah Berkunjung..


Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger