Ayo Makan Ikan - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Kamis, 06 Juni 2013

Ayo Makan Ikan

Banyak penelitian telah menunjukkan manfaat makan ikan. Ikan mengandung kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang tinggi. Peneliti dari Harvard School of Public Health (HSPH) telah melakukan analisa yang paling komprehensif tentang ikan dan kesehatan. Hasilnya menunjukkan bahwa manfaat makan sejumlah ikan per minggu (sekitar 3 ons) mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner (PJK) sebesar 36%.


Dengan menggabungkan hasil uji klinis secara acak, para peneliti juga menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan atau ikan mengurangi total kematian - kematian dari setiap penyebab - sebesar 17%. Konsumsi rutin ikan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit dan gangguan di antaranya sebagai berikut :
1.   Asma
Anak yang makan ikan berpotensi tidak terserang asma atau kambuh dari asma yang dideritanya untuk waktu yang lama.
2.   Otak dan mata
Ikan kaya asam lemak omega 3 sehingga memberikan kontribusi bagi kesehatan jaringan otak dan retina (jaringan peka cahaya yang melapisi permukaan dalam mata).
3.   Kanker
Asam lemak omega 3 pada ikan dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker 30 sampai 50%, terutama dari rongga mulut, kerongkongan, usus besar, payudara, indung telur dan prostat.
4.   Penyakit kardiovaskular
Makan ikan setiap minggu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke akibat pembekuan darah dan mengurangi peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemak darah dan meningkatkan kolesterol baik.
5.   Demensia (pikun)
Orang tua yang makan ikan tawar atau laut, setidaknya sekali seminggu memiliki risiko lebih rendah menderita demensia, termasuk penyakit alzheimer.
6.   Depresi
Orang yang rutin makan ikan memiliki insiden depresi lebih rendah (depresi ini terkait dengan rendahnya tingkat asam lemak omega 3 di otak).
7.   Diabetes
Ikan dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah
8.   Penglihatan
Bayi dari ASI ibu yang makan ikan memiliki penglihatan yang lebih baik, mungkin karena asam lemak omega 3 ditransmisikan dalam ASI.
9.   Kondisi inflamasi
Konsumsi ikan yang teratur dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis, psoriasis dan penyakit autoimun.
10. Prematuritas
Makan ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko melahirkan bayi prematur.

Editor : Nuriz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages