Home » » Operasi Bersih Sapu Jagad 5 Gunung Serentak Se – Indonesia

Operasi Bersih Sapu Jagad 5 Gunung Serentak Se – Indonesia

Masalah sampah di gunung sudah tidak asing lagi di dengar oleh kalangan pendaki gunung/ penggiat alam bebas. Tidak adanya penerapan sanksi yang berat bagi para pelanggar, membuat pendaki sering “ lupa “ untuk membawa kembali sampahnya turun, yang pada akhirnya menjadi kebiasaan. Dampak sampah yang secara tidak langsung merusak keseimbangan dan keindahan alam.
Trashbag Community adalah sekelompok pendaki multidisiplin yang berdedikasi untuk mengurangi masalah sampa gunung serta menjunjung tinggi penerapan konervasi alam. Trashbag Community adalah sebuah gerakan moral, kampanye, idealis berbentuk komunitas (nonprofit) yang anggotanya berasal dari berbagai organisasi maupun kalangan bebas/ independent di seluruh Nusantara.
Istilah Trashbag ini sangat akrab di kalangan pendaki bahkan sudah menjadi mindset para pendaki dimana trashbag merupakan wadah untuk membuang sampah di saat kita sedang melakukan pendakian. Pada umumnya nama Western juga terkesan lebih modis daripada sekedar “ Kantong Sampah “. Maka dari itu kami memakai trashbag community, yang akan selalu mengingatkan kita akan sebuah komunitasa peduli sampah gunung.
VISI
Menjadikan gunung-gunung di indonesia ini bebas dari sampah.
MISI
  • Mengubah perilaku dan kebiasaan para pendaki menjadi lebih bertanggung jawab terhadap alam serta berwawasan konservatif
  • Berkomitmen untuk mempromosikan “ Gunung Bukan Tempat Sampah “ sesuai dengan konservasi lingkungan dan intervensi berbagai program.
  • Menetapkan satu hari sebagai “ hari bersih gunung “ dalam upaya konsistensi kampanye gerakan nasional untuk setiap tahunnya.
“ Operasi Bersih “ ini bukanlah solusi untuk permasalahan sampah di gunung. Ada 3 metodelogi untuk mengurangi smph yang di hasilkan oleh para pendaki, di antaramnya :
  1. Edukasi
  2. Pengawasan 
  3. Tindakan
Event aksi bersih trashbag community ini dibuat sebagai momentum dan remider dalam skala yang lebih besar, bukan sebagai acuan.
Bentuk Kegiatan ini adalah “ OPERASI BERSIH SAPU JAGAD “ dengan tema “ GUNUNG BUKAN TEMPAT SAMPAH “. Kegiatan ini akan di laksanakan pada bulan Agustus 2013 dengan durasi 3-7 hari dalam 1 bulan.
Yang berlokasi di ;
  • Gunung Kerinci 3805 mdpl ( Jambi ) 
  • Gunung Ceremai 3078 mdpl ( Jawa Barat ) 
  • Gunung Slamet 3428 mdpl ( Jawa Tengah ) 
  • Gunung Semeru 3676 mdpl ( Lumajang, Jawa Timur ) 
  • Gunung Bawakaraeng 2705 mdpl ( Sulawesi Selatan )
Untuk para relawan ini berasal dari anggota trashbag community dimana sudah teruji kompetensinya. Lalu dari kalangan umum, para pemuda, baik remaja putera maupun puteri yang berminat mengikuti kegiatan ini. Adapun jumlah relawan di tetapkan tidak lebih dari 50 orang di setiap gunungnya.
Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Semeru
Share this article :

+ comments + 2 comments

27 Mei 2013 14.40

Semangat kerinciiiii... me and om al

27 Mei 2013 23.52

Semangat..

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger