Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Kamis, 23 Mei 2013

Kerupuk Kulit Pisang Khas Lumajang


Siapa yang sangka?? Kalau sebuah kulit pisang, ini mengandung nutrisi/ gizi yang bisa di konsumsi oleh manusia. Ternyata dari sesuatu hal yang sepeleh ini, juga ada fungsi dan kandungan nutisi yang baik untuk di konsumsi manusia. Naah.. Lumajang ini adalah perkebunan penghasil pisang terbesar di indonesia. 


Maka dari itu Lumajang di juluki sebagai “ KOTA PISANG ( Banana City ) “
Berikut adalah salah satu hasil olah makanan dari kulit pisang dari masyarakat Kabupaten Lumajang dengan pembinaan dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang. “ UD. SRI REJEKI “ milik ibu Sripah ini menyediakan olahan kulit pisang dalam bentuk Kerupuk, yaitu Kerupuk kulit pisang. “ UD. SRI REJEKI “ menyediakan Kerupuk kulit pisang. Kulit pisang yang mempunyai banyak kandungan gizi akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi dalam bentuk Kerupuk. Produk Kerupuk kulit pisang yang dijual oleh “ UD. SRI REJEKI “  tidak mengandung banyak minyak, karena sebelum dikemas Kerupuk ditiriskan terlebih dahulu. Produk Kerupuk unik yang satu ini layak Anda jadikan sebagai cemilan sehat favorit Anda.


Kerupuk kulit pisang, banyak yang tidak mengetahui kandungan kulit pisang itu sendiri. Kebanyakan dari masyarakat tidak menghiraukan atau bahkan membuangnya. Pisang adalah buah yang mengandung vitamin C, A, mineral, serat dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Orang mengetahui pisang memiliki banyak kelezatan dan mengakui nilai gizi pisang. Namun, tidak banyak yang melihat potensi kulit pisang yang enak dimakan.
Selama ini orang hanya menikmati hasil saja. Kulit pisang adalah produk sampingan dari penggunaan pisang yang dapat digunakan sebagai makanan ringan seperti Kerupuk kulit pisang. Meskipun kulit pisang adalah produk sampingan, namun kandungan nutrisi tidak kurang dari buah. Kulit pisang mengandung serat tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, dan karbohidrat. Hasil tim peneliti Chung Shan Medical University Taichung, Taiwan, menunjukkan bahwa ekstrak kulit pisang adalah potensi untuk mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata.
Selain kaya vitamin B6, juga ternyata banyak kulit pisang mengandung serotonin, yang sangat penting untuk suasana hati balancing. Selain itu ada juga manfaat ekstrak pisang untuk melindungi retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. Manfaat dapat dinikmati dalam Kerupuk kulit pisang kulit pisang. Ini adalah kesempatan bisnis baru.
Kerupuk kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP ( Poliprophilen ). Pilih plastik PP dengan ketebalan yang cukup untuk produk tetap renyah. Kemasan harus menggunakan sealer (penyegelan), tidak menggunakan lilin. Masukan label pada kemasan plastik. Tidak harus disertakan dalam paket label sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan kebersihan produk.
Ehm.. kalau anda ke Lumajang, jangan lupa membawakan buah tangan untuk keluarga anda di rumah sebuah Kerupuk kulit pisang. Ini adalah camilan khas Lumajang yang mempunyai kandungan yang baik untuk anda konsumsi. Dapatkan Kerupuk piang ini di “ UD. SUMBER REJEKI “ di Desa Bodang Kec. Padang Kab. Lumajang atau bisa langsung kontak person http://kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com
 
Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kalau boleh tau Kulit pisang apa ya pak yg bisa di gunakan? Apakah semua jenis pisang bisa? :D
    Dan itu bahan pelengkap nya apa2 saja pak?
    Mohon Ilmunya pak? :D

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages