Home » , » Kegiatan Beach Clean Up di Pantai Bambang 2013

Kegiatan Beach Clean Up di Pantai Bambang 2013


Pada hari minggu, 26 Mei 2013, pukul 08.00 WIB  upacara pembukaan Gerakan Bersih Pantai Bambang yang di pelopori oleh HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian di mulai. Gerakan bersih pantai ini di hadiri kurang lebih oleh 150 orang relawan dari beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Lumajang diantaranya VABFAS, GEPALA, PALASKA, GASPALU, SASKAPALA, SISPAMUHI, GENTAH, GREEN CARE, MAPASHI, CAKRA, PAS Senduro, GEMPA, PWG, Osis SMAPAS, dan KIM ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Sinar Harapan.



HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian mengampanyekan “ HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian Satu Hati Peduli Lingkungan.” Sebuah langkah nyata wujudkan kebersihan pantai di Kabupaten Lumajang. “ HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian Satu Hati Peduli Lingkungan lahir dari keprihatinan HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian akan kondisi beberapa pantai di Kabupaten Lumajang yang tercemar dengan sampah non organik dari aktivitas manusia “. Ujar Bu Nanis ( Guru SMAN 1 Pasirian )
Hal ini mendorong HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian untuk secara aktif mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya kawasan pantai. Melalui program Satu Hati Peduli Lingkungan, HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian berupaya mengedukasi dan mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk peduli dan aktif menjaga kebersihan pantai dan laut.
Gerakan bersih Pantai HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian Satu Hati Peduli Lingkungan. Gerakan Bersih Pantai yang merupakan kegiatan dari HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian ini melibatkan lapisan masyarakat, seperti pelajar dan komunitas peduli lingkungan untuk bersama-sama menyisiri pantai, memungut dan membersihkan pantai dari berbagai macam sampah non-organik.




Perilaku bijak Perilaku bijak saat di pantai itu perlu. Pantai-pantai di Kabupaten Lumajang yang indah dan menawan dengan berbagai kekayaan yang terkandung di dalamnya memerlukan sikap dan perilaku yang bijak agar terhindar dari kerusakan dan tetap indah. Perilaku membuang sampah di pantai atau laut selain mengotori pantai dan laut juga dapat menyebabkan kematian biota laut. Sebagai contoh, satwa laut sering kali memakan sampah-sampah plastik yang mengambang di laut. Sampah plastik ini tidak dapat dicerna oleh satwa laut.

Oleh karena itu, Pembina HIPALAPA ( Himpunan Pelajar Pencinta Alam ) SMAN 1 Pasirian berharap seluruh pantai di Kabupaten Lumajang ini bebas dari sampah. Kata dia, jika seluruh pantai di Kabupaten Lumajang bersih maka masyarakat yang pertama kali menikmati hasilnya. Untuk itu dia meminta masyarakat agar memiliki kesadaran menjaga pantai dan alam Kabupaten Lumajang.






Pada pukul 11.00 WIB kita sudah mengumpulkan semua sampah yang kita pungut, dan nantinya akan di angkut oleh mobil pengangkut sampah. Kemudian kita merapat dan berkumpul, disini menjadi ajang berkumpulnya komunitas-komunitas dan kita bisa saling mengenal antar komunitas.

Kami beharap Komunitas Pencinta Alam di Kabupaten Lumajang akan terus melaksanakan kegiatan Gerakan bersih ini demi menjaga kelestarian alam yang berada di wilayah Kabupaten Lumajang. Dan kami juga berharap Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang bisa selalu mendukung dan ikut mendampingi kami dalam kegiatan yang menjaga dan melestarikan alam wisata yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang, demi kecintaan kita terhadap Alam Wisata Lumajang.

Terima Kasih..


Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam
Share this article :

+ comments + 2 comments

28 Mei 2013 10.29

terimakasih link.a.. :)
kegiatan yang mantaap,
tapi perlu diluruskan bahwa panitia kegiatan tersebut bukan KPA (komunitas Pencinta Alam) SMAN Pasirian tetapi "HIPALAPA" (Himpunan Pelajar Pencinta Alam" SMAN Pasirian

28 Mei 2013 11.39

Oke trima kasih.. Nanti akn sya revisi ulang..

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger