Program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) Bakorwil Malang 2013 - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Kamis, 16 Mei 2013

Program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) Bakorwil Malang 2013



Selasa, 15 Mei 2013, pukul 09.00 WIB.. Program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) Bakorwil Malang tahun 2013 di adakan di Gedung Soedjono Kabupaten Lumajang. Dimana program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) ini berupa bantuan RTSM ( Rumah Tangga Sangat Miskin ). Program ini merupakan program Gubenur Jawa Timur ( Pak Dhe Karwo ) yang di laksanakan sejak tahun 2010 – 2013.


Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat )  ini di hadiri oleh kurang lebih 802 orang yang terdiri dari instansi yang ada di wilayah Bakorwil Malang, pendamping & job leasmen dari Universitas Brawijaya Malang, unit pengelola usaha Kabupaten Lumajang, Jember, Probolinggo, pelaku PNPM pedesaan Kab. Lumajang, dan UPK Kab. Lumajang.




Adapun tujuan dari program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) ini adalah berupaya menyampaikan kebijakan maupun pedoman pelaksanaan program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) berupa RTSM ( Rumah Tangga Sangat Miskin ) tahun 2013.



Sasaran dari program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) di rencanakan dari tahun 2010 – 2013 di Kabupaten – Kota seluruh Jawa Timur. “ Secara teknis pemerintah Jawa Timur menetapkan titik 0 kinerja pelaksanaan penanggulangan kemiskinan ini, berdasarkan data survey social & ekonomi nasional ada sekitar kurang lebih 6000 jiwa dari data tahun 2009,  3.790.822 ( Rumah Tangga Miskin ), di 8.506 Desa/ Kelurahan, 662 Kecamatan,  38 Kabupaten dan ini sudah di sesuai strata miskin dan sangat miskin “. ujar Ibu Yuli Haris ( Humas Pemkab Lumajang ).
Adapun sumber dan bentuk bantuan program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) ini adalah ;
  • Dinas Koperasi & UMKM Prov. Jatim berupa paket mesin jahit, paket alat pembuat mie dan Dana Permodalan Usaha,
  • Dinas Pertanian Prov. Jatim berupa sarana produksi pertanian 
  • Dinas Perkebunan Prov. Jatim berupa paket lebah madu dan alat usaha tembakau ( handtraktor ) 
  • Biro Adm Kesejahteraan Rakyat Prov. Jatim berupa uang sebesar Rp. 1.800.000 dan beras 40 kg. 
  • Dinas Perindustrian & Perdagangan Prov. Jatim 
  • Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Jatim berupa paket bibit ikan. 
  • Dinas Peternakan Prov. Jatim berupa paket ternak domba, kambing, ayam buras, dan ternak sapi. 
  • Badan Pemberdayaan Masyarakat Prov. Jatim berupa dana bantuan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir pantai, potensi desa, pemanfaatan Sumber Daya Alam sarana pedesaan.


 

Program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) ini sangat membantu kehidupan masyarakat. Kami berharap untuk selanjutnya program Jalin Kesra ( Jalan Lintas Kesejahteraan Rakyat ) ini bias terus terlaksana, guna membantu kehidupan masyarakat miskin dan mengurangi angka kemiskinan rakyat. Terima kasih…


Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor   : Muhammad Khoirul Anam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages