Takmir Masjid Nurul Hikmah bentuk Panitia Zakat Fitrah - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Minggu, 27 Mei 2018

Takmir Masjid Nurul Hikmah bentuk Panitia Zakat Fitrah


Zakat Fitrah selain sebuah perbuatan wajib yang harus dilakukan oleh kaum muslimin juga sebagai salah satu bentuk solidaritas kaum muslimin terhadap muslimin lainnya yang termasuk dalam 8 golongan, terutama para kaum fakir miskin.

Oleh karena itu, pada Minggu, (27/5/2018) ba’da sholat Tarawih bertempat di Masjid Nurul Hikmah desa Klampokarum dilaksanakan pertemuan takmir masjid yang membahas tentang pembentukan panitia zakat fitrah pada Ramadhan tahun 1439 hijriyah yang bertujuan untuk membantu para warga masyarakat desa kelompok harum dalam menghimpun sekaligus menyalurkan zakat fitrah kepada yang berhak.

“Kita disini berkumpul untuk berusaha membantu warga yang tidak mampu. Oleh karena itu niatkan hati kita dengan niatan yang ikhlas dan tulus.” tutur Ichsan selaku ketua Takmir Majid Nurul Hikmah

Dalam pertemuan ini hadir seluruh pengurus takmir Masjid Nurul Hikmah serta beberapa tokoh agama dengan total sebanyak 28 orang ditambah 1 perangkat desa sebagai perwakilan dari pemerintah desa.

Dengan menganut sistem musyawarah akhirnya terbentuk komposisi panitia dengan susunan sebagai berikut Syaripun selaku Ketua, Sekretaris Muhammad Mauludi, Bendahara H. Abdul Hadi dan koordinator masing-masing RW antara lain Baidowi, Mistiyar, Jumai dan Sunardi.

Disebutkan dalam Al Qur’an bahwa delapan golongan kaum muslimin yang berhak menerima zakat fitrah antara lain Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Dzur Riqob, Gharim, Fi Sabilillah dan Ibnu Sabil. Namun atas dasar musyawarah diputuskan warga yang akan mendapatkan bagian zakat fitrah kali ini adalah warga termasuk dalam katagori tidak mampu di mana profesinya bermacam-macam. Ada buruh tani, tukang batu, janda miskin dan lain sebagainya.

“Semoga warga masyarakat yang menyalurkan zakat fitrahnya di masjid nurul hikmah tahun ini semakin semakin banyak dibanding tahun yang lalu sehingga zakat yang disampaikan kepada warga juga akan semakin banyak.” tutur Syaripun.

1 komentar:

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages