Home » , » BUPATI : Dukung Program Kecukupan Pangan Asal Hewani Di Lumajang

BUPATI : Dukung Program Kecukupan Pangan Asal Hewani Di Lumajang


Untuk menjadikan Kabupaten Lumajang yang berkualitas maka haruslah diawali dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pula, sebab pada hakekatnya sebuah daerah merupakan perwujudan dari masyarakat yang ada di dalamnya. Daerah yang maju menunjukkan masyarakat pada suatu daerah tersebut memiliki kualitas hidup yang baik, begitupun berlaku sebaliknya ketika daerah tersebut berada pada keterpurukan merupakan indikasi dari masyarakat yang hidup diluar kesejahteraan.

Berkaitan dengan hal tersebut begitu banyak program pemerintah Kabupaten Lumajang yang memiliki tujuan untuk menyejahterakan rakyat, salah satunya untuk meningkatkan kecukupan gizi masyarakat Kabupaten Lumajang dengan penyediaan pangan yang berkualitas. Pangan berkualitas yang dimaksud diantarannya adalah daging, yang merupakan salah satu bahan makanan asal ternak yang kaya akan protein, zat besi dan beberapa vitamin penting terutama vitamin B. Mengonsumsi daging maupun susu yang cukup, dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat itu sendiri.

Dalam pelaksanaannya, penyediaan pangan yang berkualitas tidaklah semudah yang dibayangkan, masalah bermunculan ketika masyarakat mulai sadar akan pentingnya pangan berkualitas namun tidak dibarengi dengan kesiapan dalam penyediaannya.

Padi dan palawija, produk pisang dan buah kelapa mayoritas tersedia di masing-masing wilayah di Kabupaten  Lumajang, Dimana rumput-rumput dan bagian-bagian dari batang, daun maupun buah bisa diolah menjadi makanan ternak secara organik oleh masyarakat.

Dalam acara Kontes Ternak yang digelar oleh Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang di Lapangan GOR Wira Bhakti Lumajang, Senin (25/05/2015). Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Ternak dari 21 Kecamatan berkumpul untuk menyemarakan kontes ternak di Kabupaten Lumajang tahun 2015 ini. Adapun kelompok ternak dengan jenis yang berbeda menjadi peserta dan ikut memeriahkan dalam kontes ternak tahun ini diantara, Kelompok Ternak Kambing Etawa Senduro, Sapi Keraman Awal dan Akhir, Kelompok Pecinta Kelinci (KPK), dan Pecinta Kucing.

Bukan hanya hewan ternak yang di tampilkan dalam acara ini, bahkan hasil produk yang dihasilkan oleh hewan ternak yang sudah diolah dan bisa langsung dikonsumsi oleh masyarakat yakni Susu dan Keju Kambing Etawa Senduro pun ramai diserbu oleh masyarakat.

Bupati Lumajang Drs. As’at M.Ag sangat memberikan perhatian terhadap geliat peternak Kambing Etsen dan peternak hewan lainnya yang bisa mencukupi kebutuhan pangan asal hewani di Kabupaten Lumajang. Di Kabupaten Lumajang, setiap tahun selain menggelar kontes Ternak, Ia juga meminta Kepala Dinas Peternakan Drh. Gatot Subijantoro untuk melakukan pendampingan dan menggiatkan kelompok ternak binaannya. Harapannya, ekonomi masyarakat petani ternak yang ada di Kabupaten Lumajang semakin meningkat.


Bupati As’at juga menginginkan agar ada inovasi-inovasi terhadap hasil produk yang dihasilkan dari hewan ternak. Tujuannya agar dapat mencukupi kebutuhan pangan asal hewani untuk masyarakat sendiri, bahkan untuk memungkinkan bisa mencukupi daerah disekitar Kabupaten Lumajang. Dengan dilakukannya inovasi pengembangan produk maka harapannya akan membuka pasar yang dapat menjadi peluang yang besar bagi peternak dan akan menambah kesejahteraan masyarakat Lumajang. (humas-lmj/ An-m)

Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger