Home » , » Airsoft Hanyalah Sebuah Permainan

Airsoft Hanyalah Sebuah Permainan


Airsoft merupakan sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan atau menyerupai kegiatan militer atau kepolisian dengan replika senjata, replika tersebut yaitu airsoft gun. Permainan ini berasal dari jepang dan berawal pada tahun 70 an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapat karena ketatnya peraturan. Karena ketatnya peratuan, para penyuka mulai mencari alternatif yang legal untuk menyalurkan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft ini mulai populer di Jepang, Tiong kok, Hong kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan dan juga menyebar ke Filipina dan Indonesia.

Permainan airsoft juga sudah mulai populer di Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi oleh pemain dari Belanda karena negara mereka merupakan negara yang legal untuk memainkan permainan airsoft), Denmark dan Chili dan semakin menyebar didukung dengan komunitas internet yang aktif.

Airsoft gun diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata (positif) untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish (war game) jika dalam suatu komunitas. Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobi ini sendiri.

Hobi ini termasuk hobi unik yang berbeda dengan hobi-hobi lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya. Tampak dan kesan yang diperlihatkan dari alat permainan ini jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobi ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari lingkup dunia hobi airsoft nasional maupun internasional.

Mainan airsoft atau airsoft gun, memiliki bentuk luar yang merupakan replika dari senjata api . Airsoft gun berskala 1:1 dengan senjata asli, namun sistem kerja airsoft gun tidak sama dengan senjata api. Airsoft Guns dibagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan tenaga penggeraknya: spring (berpenggerak pegas), elektrik, dan gas. Pada jenis spring, peluru ditembakan oleh per, dan harus dikokang setiap sebelum menembak.

Peluru yang dipergunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0.25 gram, 0.30 gram. Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram yang tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena terbuat dari besi atau kaca atau gotri. sebenarnya peluru atau BB's airsoft yang boleh dipakai hanyalah yang berukuran 6mm dan terbuat dari plastik sehingga membuat airsoft tidak berbahaya kecuali untuk mata.


Adapaun alat pengaman pemain airsoft dengan peralatan lengkap: seragam militer, Unit, kacamata pelindung, vest (ciras, swat dan lainnya), kneepad, elbow pad, helm ( MICH, dan lainnya) dan Sepatu (delta boots dan lainnya. (KIM SH)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger