Laris Buahnya Laris Juga Bibitnya - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Selasa, 09 September 2014

Laris Buahnya Laris Juga Bibitnya



Kabupaten Lumajang terkenal dengan sebutan kota pisang. Hal tersebut tidaklah berlebihan, karena 3 kecamatan yang berada di wilayah Lumajang yaitu dikecamatan senduro, gucialit dan pasrujambe, merupakan penghasil buah pisang. 2 jenis pisang unggulan yang dihasilkan adalah kirana dan pisang agung.

Dua jenis pisang tersebut kini menjadi buruan pasar. Baik pasar nasional maupun internasional. Ini dibuktikan dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap 2 jenis pisang ini. Bahkan akhir-akhir ini tidak hanya buahnya saja, bibitnya pun ramai dicari oleh masyarakat di luar kabupaten Lumajang.

Ir. Paiman Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, menjelaskan, saat ini terjadi peningkatan jumlah permintaan bibit  pisang agung dan kirana dari luar kota.
“kota lain seperti Bondowoso, Bojonegoro bahkan Kalimantan, menginginkan bibit kita” ujarnya.

Meningkatnya jumlah permintaan bibit, menurutnya merupakan suatu prestasi dan bukan ancaman bagi para petani. Hal ini dikerenakan setiap wilayah memiliki perbedaan iklim, alam dan kualitas tanah, sehingga tidak akan sama jika bibit tersebut ditanam diwilayah yang lain.

Sumber : humas-lmj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages