Home » » Sukses Di Jogja Siap Go Singapura

Sukses Di Jogja Siap Go Singapura



Keberhasilan tim Lumajang CIO dalam bedog art festival international  dengan tema membangun kembali relasi sungai dengan manusia di, sleman propensi Daerah Istimewa Yogyakarta membuahkan hasil yang positif.

Penampilan sebuah karya seni  “ gedang agung keramat “ yang dimotori Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan mendapatkan apresiasi yang luar biasa bagi para tamu undangan lokal maupaun international.

Zainul arivin koreografer karya seni “gedang agung keramat” menceritakan rasa banggaanya atas keberhasilan Kabupaten Lumajang dalam ajang tersebut. Selanjutnya dirinya menyebut kesuksesan ini adalah cambuk bagi dirinya dan timnya untuk lebih bekerja keras lagi.

Pertunjukan dengan konsep tata panggung serta penerangan tradisional membuat karyanya mampu  menghipnotis dewan juri, yang berasal dari partisapan pecinta seni, asal Indonesia, korea, New Zealand dan Australia.

Keberhasilan tim lumajang menyabet juara satu untuk  kategori the best performace lokal tradisional, dari 5 kategori penilaian dewan juri, menunjukan kekayaan budaya Kabupaten Lumajang yang merupakan aset berharga yang harus dilestarikan.

Konsep keramat gedang agung yang ditampilkan, memang mengalami perubahan konsep tambahan dari yang awalnya 9 menit kemudian berubah menjadi 19 menit, “ini karena tata panggung yang sangat luas dan melihat para kompetitor lain, begitu maksimal” ujarnya.

Hal tersebut yang mendorong tim Lumajang menambah konsep dengan tetap menjaga maksud dan filosofi dari sebuah karya “ keramat gedang agung”.

Sementara itu Slamet Supriono Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Lumajang yang ikut menemani tim Lumajang dalam festival tersebut menceritakan, ada 3 kriteria penilaian dari dewan juri. dimulai dari penilaian seni gerak,penilaian filosofi sebuah karya budaya dan penilaian konsep penyajian yang ditontonkan.

Dirinya melanjutkan bahwa momentum ini adalah awal untuk pengenalan Kabupaten Lumajang dimata dunia, karena dalam waktu yang berbeda, tim seni keramat gedang agung akan berlatih kembali dengan membawakan karya tradisional dan kreasi budaya Kabupaten Lumajang yang lain, untuk ditampilkan dalam ajang kebudayaan tradsional tingkat internatioanal yang akan diselenggarakan di Singapura.

Sumber : humas-lmj
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger