Tips Aman Berkendara - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 24 Agustus 2013

Tips Aman Berkendara

Ilustrasi

Mobilitas yang tinggi dan perjalanan yang jauh membuat kita lebih sering berkendara. Hal ini menuntut kehati-hatian agar tidak tejadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain kita mesti berhati-hati dalam berkendara ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kita melakukan perjalanan.

Berikut tips aman berkendara di jalan raya :
1. Lakukan pengecekan rutin terhadap kendaraan anda.
Apapun kendaraan anda baik mobil atau motor, pengecekan terhadap mesin kendaraan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Sebisa mungkin apabila kita akan melakukan perjalanan jauh, atau mudik. Satu hari sebelum perjalanan lakukan pengecekan dan service ringan terhadap mesin kendaraan anda, termasuk kondisi tekanan udara ban, minyak, oli, kondisi rem, kaca spion dan lampu.

2. Jangan lupa membawa kelengkapan surat kendaraan
Kelengkapan surat kendaraan akan membuat anda merasa aman dijalanan, periksa SIM dan juga STNK kendaraan. Dengan adanya kelengkepan surat kendaraan maka anda terhindar dari rasa takut ditilang sama polisi.

3. Membawa kelengkapan keamanan.
Bagi pengendara motor helm merupakan hal yang penting untuk menjaga kepala kalau terjadi benturan, disamping itu melindungi mata dari debu jalanan. Juga jangan lupa untuk membawa jaket, sarung tangan, dan memakai sepatu. Jika anda menggunakan mobil gunakan selalu sabuk pengaman, ban serep, dan juga persiapan p3k dalam mobil anda.

4. Mematuhi peraturan lalu lintas.
Peraturan lalu lintas ditegakkan agar supaya dapat menjamin keselamatan para pengendara. Oleh karena itu, mematuhi lalu lintas merupakan kewajiban bagi kita semua sebagai pengguna jalan.

5. Tepat perhitungan dalam berkendara.
Mengurangi kecepatan ketika melewati keramaian atau perkampungan. Dan menambah kecepatan dijalan lurus dan kosong. Usahakan agar berkendara pada siang hari agar pandangan tidak tergangu.

Dengan berhati-hati dalam berkendara, semoga kita dapat selamat sampai tujuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages