Home » » Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih Merah

Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih Merah


Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih Merah memang sudah terkenal dan sudah cukup familiar di kalangan pencinta tumbuhan herbal. Tumbuhan yang satu ini memiliki sebutan ilmiah, sebutan ilmiah tumbuhan sirih merah ialah Crocatum Piper. Sirih merah masuk kedalam jenis tumbuhan anggur, daun dari tumbuhan ini berbentuk seperti hati dan berwarna merah kehijauan.

Sirih merah biasanya sangat mudah dikembangkang/ dibudidayakan di daerah yang memiliki dataran tinggi. Cara pembudidayaan tumbuhan ini juga tergolong sangat mudah, yaitu hanya memotong dari bagian batang sirih merah dan dimasukkan ke kolibet lalu di letakkan diarea lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung ( kalau didesa sihh biasanya ditanam di sekitar pembuangan air orang mandi/ bahasa jawanya peceren heheh).
Jika saat penanaman tumbuhan ini diletakkan pada tempat/area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka kemungkinan besar sirih merah tidak akan bisa hidup, karena batangnya lama-kelamaan akan mengalami pengeringan, serta berbagai kandungan sirih merah akan menghilang bersama penyusutan batangnya.
Kandungan Daun sirih merah
Tumbuhan ini  mengandung berbagai macam Zat-zat kimia, adapun kandungan yang dapat kita peroleh dari tumbuhan ini adalah seperti adanya kandungan, allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri dan masih banyak kandungan dari daun sirih merah lainnya yang bermanfaat.
Manfaat yang dapat kita ambil dari berbagai zat kimia/ kandungan tumbuhan sirih merah untuk kesehatan badan:
Sirih merah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh seperti, dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi, anti septic dan antideabetik, mengapa sirih merah dapat memberikan manfaat sebegitu besarnya, hal ini dikarenanakan tumbuhan sirih merah mengandung zat flavonoid polivenol.
1.     Manfaat sirih merah yang kedua dapat memberikan perlindungan bagi tubuh agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker dalam tubuh dapat terhambat. Hal ini didasaribahwa sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama alkaloid.
2.     Sirih merah ternyata dapat berguna untuk obat alami antijamur serta dapat digunakan juga sebagai obat alami disinfektan. Kenapa begitu? karena daun sirih merah ternyata mengandung zat karvakol, zat inilah yang kemudian memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan alami.
3.     Tak berhenti disitu saja sirih merah juga dapat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang lebih popular dikenal dimasyarakat sebagai obat alami penenang, hal ini diperkuat dengan adanya senyawa eugenol yang terkandung pada tumbuhan sirih merah.
4.     Kandungan atau senyawa kimia Tannin, senyawa kimia ini ternyata memiliki peran untuk kesehatan tubuh terutamanya berguna untuk obat alami penyembuh diare/ mencret, dan bermanfaat baik sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat.
5.     Selain itu manfaat daun sirih juga pernah di terapkan di mamalia kecil yaitu tikus putih, Sebuah pakar studi mereka pernah membuktikan akan manfaat sirih merah yang direbus kemudian di minumkan pada seekor tikus yang memiliki penyakit diabetes, dan alhasil tikus tersebut tersembuh dari penyakitnya.
Sehingga dari pembuktian diatas, membuktikan bahwa rebusan daun sirih merah memang dapat dimanfaatkan untuk obat alami pengontrol dan penyembuhan gula darah dalam tubuh, walaupun penelitian itu dilakukan di hewan namun sudah terbukti juga pada manusia (sebagai obat alami diabetes mellitus).
Nah sebenarnya hampir semua manfaat sirih merah sudah terpapar diatas, namun jika dilihat dari berbagai kandungannya, sirih merah ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, adapun penyakit yang bisa disembuhkan oleh sirih merah adalah nyeri sendi/ pegal linu, mata merah/ radang mata, penyakit hipertensi, liver, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sumber             : trik-tips-sehat.blogspot.com
Editor               : Setyoko Jatayu
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger