Home » » Manfaat Daun Cabe Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Cabe Jawa Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Cabe Jawa : Cabe Jawa merupakan rempah asli Indonesia dan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat herbal. Sebagian besar masyarakat membudidayakan tanaman ini untuk dimanfaatkan buahnya, karena buah cabe jawa memiliki harga jual tinggi. Cabe jawa dikenal memiliki berbagai khasiat obat untuk berbagai penyakit, terutama buahnya. Sebagian orang belum mengetahui kalau daun cabe jawa juga memiliki khasiat hampir sama besar dengan buahnya. Kurangnya pengetahuan ini membuat daun cabe jawa jarang dimanfaatkan sebagai obat.


Khasiat Daun Cabe Jawa, Kegunaan Daun Cabe Jawa.
Manfaat Daun Cabe Jawa
Tumbuhan ini bersifat menghilangkan rasa sakit, menghentikan pendarahan, Melancarkan peredaran darah, mencegah keguguran dan mengatur menstruasi. Daun tanaman ini memiliki rasa pahit, pedas dam memberikan rasa hangat. Efek Farmakologi bisa diperoleh dengan memanfaatkan seluruh bagian dari tanaman ini, dari akar, batang, daun dan buahnya dengan cara dikeringkan atau diangin-anginkan terlebih dahulu.
Berikut Merupakan Berbagai Manfaat Daun Cabe Jawa :
1.       Obat Kumur
Sediakan tiga lembar daun cabe jawa lalu dicuci bersih. Selanjutnya tumbuk daun tersebut samoai halus dan seduh dengan air hangat. Gunakan air seduhan tersebut untuk berkumur, lakukan kegiatan ini secara rutin untuk menjaga kesehatan mulut.
2.       Pereda Kejang Perut
Tiga lembar daun cabe jawa dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Seduh tumbukan tersebut dengan air panas sebanyak satu gelas. Sarung air seduhan tersebut setelah itu diminum.
3.       Obat Gatal dan Obat Gigitan Serangga
Daun cabe jawa secukupnya dicuci bersih. Seteh itu ditumbuk halus dan dioleskan pada bagian kulit yang gatal atau digigit serangga. Rasa hangat dari daun cabe jawa akan meredakan rasa gatal dan gigitan serangga.
4.       Obat Biduran
Siapkan daun cabe jawa sebanyak mingkin atau secukupnya dan cuci daun tersebut sampai bersih. Setelah itu tumbuk daun tersebut sampai halus sambil ditambahkan garam secukupnya. Oleskan tumbukan tersebut pada bentol-bentol biduran secara merata. Rasa hangat dari daun cabe jawa akan meredakan gatal akibat biduran.
Demikian informasi mengenai berbagai manfaat dari daun cabe jawa, semoga informasi ini bermanfaat bagi kesehatan anda dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Sumber : http://www.ilmumu.com/kesehatan/manfaat-daun-cabe-jawa/
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger