Home » » Napak Tilas Situs Biting

Napak Tilas Situs Biting




kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com.. Kabupaten Lumajang memiliki mutiara yang masih tersembunyikan yang jarang di ketahui. Disini kami akan menginformasikan salah satu mutiara yang berada di Dusun Biting, Desa Kutorenon Kec. Sukodono, yaitu “ Situs Biting “. Mungkin "Situs Biting" ini belumlah terlalu akrab ditelinga banyak masyarakat. Namun ternyata "situs Biting " ini sudah dikenal oleh peneliti dari manca negara, seperti peneliti sejarah dari Belanda. Dan tidak menutup kemungkinan, kedepan "Situs Biting" bisa membuat orang akan terpesona akan adanya Mutiara kebesaran sejarah Kerajaan Lamajang.
Di perut bumi Desa Kutorenon ini ada rangkaian sejarah besar dimana terbentang peninggalan sejarah besar, tersimpan sisa -sisa kerajaan besar Lamajang yang kokoh. Alam yang masih terlihat perawan menambah takjub masyarakat yang melihat langsung peninggalan sejarah kerajaan Lamajang ini. Tebing-tebing dan bekas benteng kerajaan Lamajang yang mengitari bumi Kutorenon menunjukkan betapa besarnya sejarah Kota Lumajang ini.
Bahkan sepanjang aliran sungai yang mengitari dusun Biting I dan II di Kutorenon, menjulang tinggi sisa benteng terkuat di Nusantara, hasil karya besar Orang Lumajang asli. Mansur Hidayat, selaku penggagas pelestarian "Situs Biting" ini mengatakan, oleh karena itu dirinya sangat berharap sekali kepda masyarakat Lumajang untuk bisanya menjaga Situs Biting ini. 
Selain memiliki pesona alam yang tidak benayak disentuh orang, Kota Lumajang juga memiliki sejarah menarik yang kini menjadi Ikon daerahnya. Dalam legenda perang, Raja lamajang Arya Wiraraja adalah sosok raja yng paling disegani, karena ARYA WIRARAJA Adalah Raja yang pintar dan ahli strategi serta dikenal arsitek nusantara di zaman kerajaan Singosari, Majapahit hingga Lamajang.


Melihat potensi yang besar ini Bupati DR. H. Sjahrazad Masdar, MA dan Wakil Bupati Drs. H. As’at Malik, M. Ag melakukan ziarah ke makam MINAK KONCAR Dan ARYA WIRARAJA.
 Lumajang harus bangkit lewat sejarahnya yang luar biasa. Kami berharap SITUS BITING ini harus di jaga dengan baik, dan kita juga harus memberikan pengetahuan tentang Sejarah SITUS BITING ini kepada generasi muda yang ada di Kabupaten Lumajang.

Penulis : Saiful
Editor  : Muhammad Khoirul Anam

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADI PAHLAWAN ANTI HOAX

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger