Kades Wonosari Buka RAT Kopsyah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Tahun 2017 - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Minggu, 01 April 2018

Kades Wonosari Buka RAT Kopsyah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Tahun 2017



Tekung, Kelompok Informasi Masyarakat - Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari Kecamatan Tekung menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Balai Desa Wonosari Kecamatan Tekung, Sabtu (31/3).

RAT tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Wonosari, Pengawas Kopsyah “Al Hidayah Ta’awun Amanah”, TP PKK Desa Wonosari, Ketua BUMDES Wonosari, Perwakilan Dinas Koperasi Kab. Lumajang, serta segenap pengurus dan anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari.

Dalam laporannya, Pengawas Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari, Winarti Yusuf menjelaskan bahwa koperasi ini berdiri pada tahun 2015 dengan jumlah anggota koperasi sebanyak 65 orang dan modal awal dari dana hibah senilai Rp25 juta. Dengan melakukan kegiatan usaha simpan pinjam yang maksimal sehingga pada laporan tahun 2017 total assetnya bisa mencapai Rp80.536.500,- dan juga bertambah jumlah anggota koperasi menjadi 82 orang.

Kepala Desa Wonosari Awaluddin Yusuf dalam sambutannya mengatakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi sebuah Koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, karena RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan (RAT) menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggota-nya.

“Rapat Anggota Tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan Koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas : laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi,” ujarnya.

Kades Awaluddin Yusuf juga menambahkan, sebuah pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.

Ia berharap dengan adanya Kopsyah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari, anggotanya dapat semakin bertambah dan bisa menekan sistem pinjaman pihak lain yang selalu memberikan pinjaman bunga tinggi kepada nasabah/ masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kopsyah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari Sri Lestari menekankan kepada anggota koperasi sebagai pemilik koperasi untuk berperan aktif dalam memajukan koperasi dengan menjalankan kewajiban sebagaimana yang telah disepakati, termasuk memberikan saran terhadap hal-hal yang dipandang perlu untuk dilaksanakan oleh pengurus dalam menjalankan kegiatan usaha simpan pinjam sesuai dengan kebutuhan anggota.

Diakhir pelaksanaan RAT, Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah “Al Hidayah Ta’awun Amanah” Desa Wonosari melakukan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dan doorprize kepada anggota. Selain itu, juga dilakukan penyerahan reward bagi anggota yang taat/ tepat waktu dalam membayar pinjaman kepada Koperasi. (KIM SH-lmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages