PG. Jatiroto, pabrik tertua di Lumajang - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Kamis, 25 April 2013

PG. Jatiroto, pabrik tertua di Lumajang

                                   Photo by : Phia Galeri
kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com.. Kabupaten Lumajang memiliki beberapa pabrik yang mengelola hasil pertanian di tiap-tiap Kecamatan di wilayahnya. Disini kami akan menginformasikan salah satu pabrik gula yang berada di Desa Kaliboto Lor Kec. Jatiroto, dengan jarak tempuh 24 Kilometer ke arah timur dari kota Lumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan sepeda motor dan juga mobil.
Perencanaan pembangunan PG. Ranupakis ini di pada tahun 1884, dan di tahun 1901 barulah mulai di babatnya hutan di kawasan yang akan di laksanakan pembangunan pabrik. Dan di tahun 1905 pembangunan PG. Ranupakis ini telah berlangsung. Di tahun 1910 penggilingan perdana di mulai, dan semua berjalan dengan lancar.
Selama 2 tahun berjalan peningkatan penggilingan di maksimalkan menjadi 2.400 TTH, dan terjadi penggantian nama dari PG. Ranupakis menjadi PG. Jatiroto. Di tahun 1972 PG. Jatiroto melakukan rehabilitasi I dan selesai dengan kapasitas giling 4.800 TTH, dan ada peningkatan rehabilitasi II dengan kapasitas gilng 6.000 TTH. 

 
Selanjutnya setiap tahun selalu diadakan inovasi peralatan proses/pabrik untuk peningkatan kapasitas giling maupun efisiensi perusahaan. Sehingga pada tahun 1996 pemantapan kapasitas giling menjadi 7.000 TTH. dan hingga th. 2012 PG Djatiroto terus berbenah diri.
Di sini di sebelum rencana penggilingan, pasti PG. Jatiroto akan menggelar pesta giling. Dimana disana akan ada bazar ( pasara murah ) harga gula yang relatif murah. Ini membuat masyarakat Lumajang menjadi berbondong-bondong untuk bisa mendapatkan gula dengan harga murah.
Disini juga terdapat banyak sekali peninggalan belanda, sesekali PG. Jatiroto menjadi tempat favorit bagi para photogapher untuk melakukan pemotretan. Karena tempatnya sangat bagus, menurut Basmal Haditya ( Photographer Lumajang )

Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor  : Muhammad Khoirul Anam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages