Sosialisasi Pilkada Untuk Warga Disabilitas - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Rabu, 07 Februari 2018

Sosialisasi Pilkada Untuk Warga Disabilitas


SINAR HARAPAN. Minggu, (4/2/2018) Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Lumajang mengadakan Sosialisasi Pilkada serentak yang didukung penuh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang. Bertempat di aula Madrasah Ibtidaiyah (MI) AL-IITIHAD Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang.

Masyarakat disabilitas sangat antusias mendatangi acara sosialisasi, sekitar ratusan warga disabilitas hadir. Mulai dari disabilitas tuna daksa, tuna netra, tuna rungu wicara, dan lain sebagainya.

“Sosialisasi pilkada serentak terhadap  disabilitas  sebagai pengakuan  keberadaan  kaum disabililitas dan sebagai kebanggaan kami”. Ujar Ali Muslimin selaku ketua PPDI Kabupaten Lumajang.

“Karena selama ini masyarakat disabilitas merasa mendapat perlakuan nomer dua, dalam artian hak dan cita-cita yang sederhana merasa dihalangi dan dirasa tidak mampu untuk mendapatkanya. Padahal kami hanya butuh aksesbilitas yang sama untuk melakukan itu. Dan membahagiakan orang-orang yang menyangi  mereka”. Lanjut bapak lima anak tersebut

Dalam sosialisasi ini juga diterangkan apa tugas dan fungsi dari KPU, mulai dari KPU Republik Indonesia sampai KPU Kabupaten/Kota.

Acara sosialisasi ini menjadi tidak membosankan karena disamping ada tanya jawab seputar Pilkada, juga dilakukan pembagian doorprize oleh KPU agar masyarakat difabel dapat menjawab apa yang telah disampaikan oleh Bapak M.Ridhol Mujib selaku komisioner KPU.

Ada usulan dari Imam Syafi’I selaku perwakilan Tuna netra agar supaya KPU menyediakan template lubang sesuai dengan nomor calon, Karena tidak semua warga tuna netra dapat membaca huruf braile. (Nuriz/KIM SH)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages