Registrasi dan Pemeriksaan Pasien Bibir Sumbing - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Minggu, 30 Maret 2014

Registrasi dan Pemeriksaan Pasien Bibir Sumbing


Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) dan Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kab. Lumajang bekerjasama dengan sebuah Lembaga/ Organisasi Kemanusiaan Dunia Lions Club Korda Jawa Timur dan Tenaga Medis dari Semarang, Mojokerto, dan Surabaya yang kemudian menjadi rekanan, bermaksud ingin menggelar kegiatan Operasi Gratis bagi Penderita Bibir Sumbing atau Celah Bibir & Langit-langit.

Pendaftaran dibuka pada, sabtu (29/3) mulai pukul 07.00 s/d 14.00 WIB bertempat di RSU dr. Haryoto Kab. Lumajang. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu pasien dengan hanya celah bibir saja minimal usia 3 bulan dengan berat badan 5 kg (tidak ada batasan umur). Selain itu, pasien dengan celah langit-langit  (langit-langit mulut bolong) minimal usia 1,5th dengan berat badan 10 kg (usia maksimal 18 tahun).


Sebelum pelaksanaan operasi akan ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu screening (pemeriksaan laboratorium) bagi pasien yang terdaftar untuk pemeriksaan kesehatan dengan syarat tidak flu, batuk, demam, sakit patu-paru, dan hb 10. Dari 25 orang calon pasien yang terdaftar, yang bisa untuk melakukan operasi terdata 15 orang, sedangkan 10 orang calon pasien gagal pemeriksaan laboratorium karena kondisi kesehatannya terganggu.

Jadwal operasi akan dilakukan pada keesokan harinya, dengan kondisi pasien memenuhi persyaratan operasi. Jumlah pasien penderita yang akan dibantu pada program ini tidak terbatas karena berapapun jumlah pasien yang ada, pembantuan operasi akan dilakukan secara gratis.


Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) dan Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) Kab. Lumajang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dengan meminjam Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Haryoto sebagai tempat untuk melakukan operasi bibir sumbing, dengan Tim medis dari Lions Club Korda Jawa Timur. (anam/ kim-olmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages