Kartu KIS Beda Identitas dengan KTP, Bisa Dirubah Dengan Cepat Dan Permanen - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 08 April 2017

Kartu KIS Beda Identitas dengan KTP, Bisa Dirubah Dengan Cepat Dan Permanen


[KIM Sinar Harapan] Kartu Indonesia Sehat ( KIS ) subsidi pemerintah yang merupakan perubahan nama dari Jamkesmas di masa lalu, merupakan kartu berobat yang dikhusukan bagi masyarakat yang tidak mampu. Kegunaan dari KIS itu sendiri adalah agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan masyarakat yang berobat secara mandiri.

Namun, karena pencetakan fisik KIS tersebut dilakukan secara massal di Jakarta, maka sering terjadi kesalahan identitas di dalamnya, baik nama, tempat tanggal lahir maupun alamat.

Karena perbedaan identitas tersebut, maka setiap pemilik kartu KIS yang mau berobat harus melampirkan surat keterangan beda nama dari kelurahan / desa setempat dan ditandatangani camat yang akibatnya akan membuat pengurusan administrasi menjadi lama.

Tapi, kini pemilik kartu KIS tersebut bisa bernafas lega. Karena kini, perbedaan identitas di Kartu KIS tersebut bisa dirubah secara cepat dan permanen di kantor BPJS setempat.

“Cukup dengan membawa foto kopi KK, KTP, kartu KIS dan Surat keterangan beda identitas yang dikeluarkan oleh desa / kelurahan yang ditandatangani oleh Camat. Maka kartu KIS yang salah cetak identitas, bisa segera dirubah” tutur Riski selaku Cutomer Servis di kantor BPJS Lumajang.

“Dan satu lagi, pengurusan kartu KIS yang beda identitas tersebut, harus dilakukan oleh warga yang bersangkutan.” lanjut Riski


Dengan tepatnya identitas pada kartu KIS tersebut, maka diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang malas untuk berobat ketika sakit sehingga bisa segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang tepat dan akurat.(KIM SH/ MM)

12 komentar:

  1. Saya sholihin alamat lama saya di jakarta barat.. sekarang saya sudah pindah alamat di jakarta pusat..
    Hanya pindah kECAMATAN saja. Apakah KIS nya harus di pindah alamat kah?
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Saya yani alamat dan tanggal lahir di kis dengan ktp berbeda apakah harus di benerin klw mau di pake?
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. saya mau minta solusinya,tanggal lahir di kis ama ktp dan kk sudah benar. tapi kalau mau cek lewat jkn mobile selalu tanggal lahir tidak sesuai dengan kepesertaan bpjs itu gimana? terima kasih.

    BalasHapus
  5. kalau kiss beda alamat dengan kk dan ktp apa masih bisa di gunakan di kecamatan asal nya?

    BalasHapus
  6. Maaf sy dri siswa kurang mampu pernah org tua sya bikin sktm trus diserahkan pihak sekolah tpi sampai sekrg blum diproses...trus knp bnyk keluarga yg mampu dn punya mobil mendapatkan kip kebnyakan yg dapat kip itu keluarga dri pengrangkat desa .

    BalasHapus
  7. Nmor NIK di KIS salah 1 nomor , saya tinggal di pasuruan tp KTP di KIS masih magetan , apa bisa mengurus perbaikan nomor NIK di KIS dilakukan di pasuruan ?

    BalasHapus
  8. Nmor NIK di KIS salah 1 nomor , saya tinggal di pasuruan tp KTP di KIS masih magetan , apa bisa mengurus perbaikan nomor NIK di KIS dilakukan di pasuruan ?

    BalasHapus
  9. Maaf kis saya jombang jika minta surat keterangan beda identitas di kediri apa bisa ya karna sekarang saya tinggal di kediri

    BalasHapus
  10. Saya muhammad muslih,sangat kecewa dengan pelayanan yang di berikan di kantor bpjs plumpang jakarta utara,kartu kis saya di kirim setelah saya komplain after 2 minggu setelah pembayaran pertama,saat komplain saya cek kartu saya melalui aplikasi jkn disana tertera bahwa alamat saya ada yg keliru antara ktp dan kartu kis,dan saya langsng konfirmasi ke pihak pelayanan disana,dan mereka pastikan akan cek ulang kartu kis nya sebelum di kirim mengenai kesalahan ini,dan ternyata hari ini saya terima kartu nya tetap aja alamat ktp dan kartu kis ada yang keliru,jadi disini bisa di simpulkan bahwa pelayanan bpjs cabang pelumpang jakarta utara bisa di aperesiasikan sebagai pelayanan yang sangat jelek,terima kasih

    BalasHapus
  11. Pindah dan ganti alamat pada KTP, tapi masih dalam satu kecamatan, apakah bermasalah

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages