Mahasiswa Seni Universitas Negeri Malang Ambil Tari Topeng Kaliwungu sebagai Reportoar - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Senin, 16 April 2018

Mahasiswa Seni Universitas Negeri Malang Ambil Tari Topeng Kaliwungu sebagai Reportoar



Tekung, Kelompok Informasi Masyarat - Minggu 15 April 2018 bertempat di Balai Desa Tukum. Puluhan Mahasiwa, Penikmat Seni dan warga berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan seni Tari.

Acara diadakan oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Music dan Tari Universitas Negeri Malang. “Ini sebenarnya adalah tugas Mata Kuliah Seni Tari Tradisi, dan team memilih Tari Topeng Kaliwungu Lumajang sebagai reportoarnya” ujar Arul  ketua team.

Tidak hanya tari topeng saja yang ditampilkan dalam pertunjukan tersebut , Tari Bedoyo Tirto Basworo sebagai pembuka, Tari Topeng Kaliwungu sebagai tari tradisi dari Lumajang, Tari Obyak Trimurti, Tari Duh Manis dari Jawa Barat, Tari Ganong dari Ponorogo dan  tarian Ngujer. Mereka mewakili dari beberapa kota di Jawa Timur.

“Mahasiswa – mahasiwi agar lebih mengenal dan dekat dengan tari tradisi yang ada di Jawa Timur” kata Dra. Ninik Hariani  M.Sn selaku dosen dan penguji. Ujian reportoar ini juga dilakukan di Kabupaten Jombang.,

“Tari Topeng Kaliwungu menjadi kebanggaan warga Kabupaten Lumajang tidak hanya Desa Kaliwungu saja, karena dalam gerakan-gerakan tari ini memuat semangat aktifitas masyarakat Desa Kaliwungu yang rajin, ulet dan pantang menyerah dalam mencari nafkah sehari-hari” ujar Ali Makrus selaku narasumber Tari Kaliwunggu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Tukum Bapak Yunus, dan dihadiri oleh perangkat desa beserta warga dilingkungan Desa Tukum. “Pendopo desa adalah fasilitas dari desa yang dapat digunakan oleh warga untuk kegiatan apapun” ujar Yunus selaku Kepala Desa Tukum Dalam Sambutan.

Penutupan dilakukan dengan penampilan atraksi Reog Ponorogo yang ditampilkan oleh Kelompok Reog Tukum Tegir. (KIM Sinar Harapan-lmj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages