Pesta Demokrasi, Warga Tukum Berbondong-bondong Pilih Kepala Desa - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Jumat, 08 Desember 2017

Pesta Demokrasi, Warga Tukum Berbondong-bondong Pilih Kepala Desa


Kegiatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dilakukan setiap 6 tahun sekali, tahun ini terdapat 8 desa dikabupaten Lumajang yang melaksanakan pilkades serentak. Badan Permusyawaratan Desa membentuk panitia pemilihan desa yang terdiri dari staff desa dan tokoh masyarakat tukum sendiri. Warga masyarakat berperan penting dalam hasil akhir pemilihan ini, karena suara masyarakat Tukum yang menentukan siapa yang akan jadi petinggi desa mereka sendiri.

Antusias masyarakat Tukum sudah dapat dilihat dari awal pada saat pendataan Daftar Pemilih Sementara pemilihan kepala desa. Bahkan sebelum nama para calon diumumkan oleh panitia, masyarakat desa Tukum sudah mengenal siapa saja calon kepala desa yang akan maju dalam pilkades kemarin.

Sebanyak lebih dari 5ribu warga masyarakat Tukum menyerbu Kantor Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang dalam rangka kegiatan Pilkades kemarin, (Rabu,06/12/2017). Hal ini membuktikan bahwa semangat warga masih tetap membara sampai hari H pelaksanaan pilkades. Mereka rela panas-panasan mengantri untuk bisa masuk kedalam kawasan mencoblos, antrian warga terlihat sampai jalan desa diluar dari pagar halaman kantor desa Tukum. Terdapat juga salah seorang warga pingsan di tengah antrian dan langsung ditangani oleh pihak Ponkesdes Tukum.

Bupati Lumajang, Drs. As'at, M. Ag turut hadir mengunjungi kantor desa Tukum bersama Ketua DPRD Kab. Lumajang, Agus Wicaksono, S.Sos . Beliau mengungkapan bahwa desa Tukum termasuk desa yang aman dan tertib dalam melaksanakan pilkades dari pelaksanaan sebelum-sebelumnya, terima kasih untuk masyrakat desa tukum juga diutarakan dalam sambutan beliau. 

Tidak hanya warga masyakat Tukum yang datang untuk melihat proses pilkades sampai akhir, terdapat juga warga desa tetangga yang tidak ingin ketinggalan menyaksikan proses pemilihan kepada desa periode 2018-2023 ini. sek iki aku wero onok pemilian petinggi adem ayem koyok krupuk, ndak onok kesruh koyok deso liane ujar salah satu warga mengungkapkan keheranannya karena pemilihan desa Tukum berjalan aman dan tertib tanpa ada kekacauan dari pihak manapun. (KIM SH/ Jijah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages