Melatih Kemampuan Siswa Dalam Rangka HARJALU KE-762 - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Jumat, 15 Desember 2017

Melatih Kemampuan Siswa Dalam Rangka HARJALU KE-762


Kabupaten Lumajang merayakan hari jadi yang ke-762. Masyarakat dari semua unsur sangat antusias untuk merayakan hari jadi kota yang dikenal dengan pisangnya yang besar ini. Hari Jadi Lumajang (HARJALU) merupakan hari ulang tahun kabupaten Lumajang yang dimiliki oleh semua masyarakat Lumajang.

Setiap tahunnya harjalu selalu dirayakan dengan tumpengan bersama. Masyarakat dari semua unsur di undang untuk menghadiri prosesi harjalu bersama bupati Lumajang dan jajarannya. Tidak kalah dengan para bapak-ibu undangan yang menghadiri prosesi harjalu, terdapat juga para masyarakat yang hadir di luar tempat undangan untuk mengikuti proses tersebut di Alun-alun Lumajang, Jumat (15/12/2017).

Diantara para undangan dan masyarakat terdapat beberapa pemuda-pemudi yang hadir mengikuti kegiatan prosesi harjalu dengan melakukan kegiatan berjualan keliling. Anak muda ini memanfaatkan momentum keramaian harjalu dengan mencoba mengasah kemampuan berwirausaha mandiri melalui menjual produk makanan atau kuliner. Mereka berjualan berkeliling menawarkan minuman dan makanan yang dibawa menggunakan nampan berkelompok dua atau tiga orang setiap nampannya.

Salah satu kelompok penjual ini merupakan siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Lumajang. Dua anak yang berjalan membawa nampan bersama menjual produk minuman buah. Mereka mengaku berjualan ini dengan tujuan ingin melatih kemampuan mentalnya dalam berwirausaha seperti yang diajarkan di sekolah. “Selain ingin melatih jiwa wirausaha kami, kami juga dapat tugas dari sekolah untuk melihat seberapa besar daya tarik masyarakat membeli makanan di acara besar seperti ini” ungkap Anisa salah satu siswa yang berjualan siang hari itu.


Sekolah Menengah Kejuruan memiliki motto PASTI BISA, disitu bermaksud menginginkan siswa yang telah lulus nantinya mempunyai jiwa mandiri dan pasti bisa menjadi mandiri dengan berwirausaha dalam persaingan dunia kerja nantinya. Seperti yang dilakukan dua anak SMK ini mereka mengaplikasikan tugas sekolahnya di momen harjalu tahun ini. Semoga lebih banyak lagi pemuda yang sadar akan persaingan kerja nantinya dengan cara membuat usaha kecil mandiri. (KIM SH/ Sikhot)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages