Home » , » BUPATI : Gemar Membaca Bisa Ciptakan Peluang Ekomoni Masyarakat

BUPATI : Gemar Membaca Bisa Ciptakan Peluang Ekomoni Masyarakat


Kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) 2015, pada hari ke-4 yang dihadiri kurang lebih 50 peserta dari Pemerintah sebagai pemangku kebijakan digelar di Lantai 5, Aula pertemuan Hotel Ungasan Bali, Kamis (21/05/2015). Kegiatan ini dihadiri oleh Kemendagri, Kemendes, Menkominfo, Kantor Perpustakaan Nasional RI, Telkom Pusat, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi, 19 Bupati/ Walikota penerima penghargaan  dan Kakan. Perpustakaan dan Arsip Daerah yang sudah menjadi mitra Coca-Cola Foundation Indonesia.

Adapun Kegiatan yang difasilitasi oleh Fasiliator Perpuseru tersebut sebagai ajang pertemuan untuk pemerintahan dari masing-masing daerah. Agenda utama Kegiatannya membahas dan mendiskusikan pencapaian keberhasilan yang meliputi: Pelibatan Masyarakat, Peningkatan Layanan Komputer dan Internet, dan Advokasi.

Selain itu pihak pemerintah juga mengemukakan tantangan dan permasalahan dalam mengelola perpustakaan, dimaksudkan untuk mencari solusi dan alternatif penyelesaian masalah melalui diskusi dan berbagi pengalaman perpustakaan desa pada wilayahnya masing-masing.

Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag dalam kegiatan Stakeholder Meeting, memaparkan secara umum keberhasilan yang telah dicapai oleh perpustakaan Tunas Bangsa Desa Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang yang telah meraih juara 1 tingkat nasional lomba perpusdes. Dimana Perpustakaan Tunas Bangsa dan Perpusdes lainnya yang ada di Kabupaten Lumajang sudah merefleksikan ketiga strategi pengembangan perpustakaan.

Perpusdes ini telah mengadakan kegiatan pelibatan masyarakat dengan agenda kegiatan berupa implementasi dan pelatihan hasil membaca serta layanan baca. Mulai dari keberhasilan implementasi masyarakat untuk ternak Ayam Joper (Jowo Super), memanfaatkan salah satu hama di Kabupaten Lumajang, yakni keong mas bisa diolah menjadi Nugget Keong Mas, serta pengolahan bonggol pisang menjadi tepung bonggol pisang yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar kue.


Gemar membaca perlu dimasyarakatkan kembali sebagaimana yang pernah populer di masa sebelumnya. Dengan membaca banyak manfaat yang bisa diperoleh, selain memberikan tempat yang nyaman, perpustakaan dapat memberikan inspirasi serta memungkinkan masyarakat untuk terus belajar dan mengembangkan dirinya sehingga peluang ekonomi, pendidikan dan sosial yang lebih baik dapat didapakan, yakni dengan memperluas akses informasi teknologi melalui sarana perpustakaan. (humas-lmj/ An-m)

Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger