Home » , , » 3 Buah Unggulan Lumajang, Siap Jadi Hidangan Di Istana Negara

3 Buah Unggulan Lumajang, Siap Jadi Hidangan Di Istana Negara


Kabupaten Lumajang sebagai wilayah agraris, dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sebagai dasar utama Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menjadi daerah yang menghasilkan produk unggulan terbaik, salah satunya adalah program pertanian yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan di Kabupaten Lumajang, guna mewujudkan visi Kabupaten Lumajang, yakni “Mewujudkan Masyarakat Lumajang Yang Sejahtera Dan Bermartabat“.

Dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Lumajang, Pemerintah Daerah melakukan berbagai strategi dan kebijakan yang terus diupayakan dan dioptimalkan, yakni pelestarian dan peningkatan kesuburan lahan pertanian secara berkelanjutan, memberdayakan masyarakat petani maupun kelompok tani, pemenuhan sarana dan prasarana pertanian, serta permodalan dan pemasaran hasil produk pertanian.

Upaya nyata yang telah dan terus digalakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama dengan petani, yakni melalui Aksi Gerakan Pemupukan Organik dan Benih unggul bersertifikat, yang dikenal dengan sebutan “SIGARPUN BULAT”.

Salah satu hasil nyata dari program sigarpun bulat dapat menarik perhatian Pemerintah Pusat dan Propinsi Jawa Timur serta Lembaga Internasional “Control Union Certification” untuk menganugerahkan Sertifikat Internasional bagi komoditi Buang Unggulan Kabupaten Lumajang, yakni Pisang Mas Kirana dan Salak Pronojiwo. Disamping Pisang Agung Semeru yang ditetapkan sebagai produk unggulan daerah oleh Kementrian Pertanian RI sejak tahun 2004 lalu.

Atas dasar tersebut, maka Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tiga jenis buah unggulan Kabupaten Lumajang ini menjadi hidangan resmi pada acara kenegaraan 17 Agustus yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdakaan Republik Indonesia ke-70th tahun 2015.

Sebagai bentuk rasa syukur atas penganugerahan ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar acara ceremonial kirab pemberangkatan pengiriman buah unggulan ini di Pendopo Kabupaten Lumajang, Kamis (13/8/2015) yang diberangkatkan secara resmi Oleh Bupati Lumajang, Drs. As’at M.Ag yang didampingi oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lumajang, jajaran SKPD terkait, para perbankan, dan para kelompok tani, serta jajaran penyuluh pertanian dari masing-masing wilayah di Kabupaten Lumajang.

“Tentunya hal ini semua tidak terlepas dari kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas seluruh masyarakat, utamanya para petani. Semuanya ini tentu menjadi kebanggan dan sekaligus penyemangat kita, untuk generasi dan anak cucu kita, guna senantiasa melestarikan dan mengoptimalkan sumber daya alam, termasuk komoditi pertanian di Kabupaten Lumajang”. Tutur Bupati Lumajang, Drs. As’at M. Ag.

“Dengan ditetapkannya komoditi buah-buahan unggulan Lumajang ini sebagai hidangan pada acara kenegaraan di Istana Negara ini, itu artinya Kabupaten Lumajang telah siap untuk menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dari sisi kualitas produk unggulan pertanian yang dihasilkan”, tambah Bupati As’at. (humas-lmj/An-m)


Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Lumajang
Share this article :

+ comments + 1 comments

22 Oktober 2015 10.41

makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
QUEENXXX92

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger