Home » » Eddy Hozayni : KIM Sinar Harapan Juga Pelopor Sosial

Eddy Hozayni : KIM Sinar Harapan Juga Pelopor Sosial

Jika masa  Kelompencapir masih berlaku dulu, semua persyaratan antara Kelompencapir di sebuah Daerah dengan Daerah lainnya, sama. Ada buku monitoring Dengar, Baca, Pirsa dan Diskusi. Semua Kelompencapir seperti itu. Itu pengalaman saat Kelompencapir tempo lalu. Kalau sekarang rasanya sejalan dengan era baru, kelihatannya berlainan bangun KIM ini.

Seperti KIM SINAR HARAPAN ini,  beranggotakan 10 orang,. Awalnya,  setelah bubarnya Kelompencapir masih aktif berkecimpung dalam informasi meski sudah tak bertrade-mark Kelompencapir lagi bergabung dalam wadah yang memang dibentuk di Kabupaten Lumajang yakni Gerbangmas (Gerakan Membangun Masyarakat Sehat) yang mengoptimalkan fungsi Posyandu di setiap RW itu dan yang kental dengan aktivitas Sosialnya berupa kedekatannya dengan komunitas Orang-orang Cacat dan Donor Darah (Sanorah) dan aktivitas Sosial lainnya.

Memang dulunya Posyandu itu hanya pelayanan kesehatan Ibu dan Anak. Namun kemudian ditingkatkan sedemikian rupa oleh masyarakat dan pemerintah Lumajang dengan keterlibatan PKK menjadi sebuah lembaga pelatihan di masyarakt setiap RW. Konsepnya menjadi berkembang ke persoalan yang semakin luas yakni MUL atau Manusianya, Usahanya dan Lingkungannya yang ditangani Posyandu ini, yakni Gerbangmas itu.

Setelah muncul gagasan dibentuknya KIM. maka sejalan dengan langkah yang dilakukan di Kabupaten Lumajang dengan Gerbangmas itu, maka KIM mendapat tanggapan positif dan hangat dari Pemerintah serta PKK Kabupaten Lumajang.

Sebagai organisasi olah informasi yang tumbuh subur ini, tentu masih perlu dikembangkan kegiatan-kegiatannya. Selain kegiatan yang begitu kental dengan kegiatan Sosial bersama komunitas orang Cacat dan Sanorah, maka secara bertahap menekuni pembuatan pupuk organik yang sekaligus menanam Sayur dengan perlakuan organik pula, yang hasilnya dijual secara umum untuk kemudian hasil penjualannya dipergunakan sebagai modal perjalanan KIM SINAR HARAPAN. Meski disisi lain untuk kegiatan Sosialnya kelompok ini terus berdampingan dengan Dinas Sosial dan PMI.

Pada sisi Usaha, terus diupayakan optimalisasi usaha anggota dalam produksi  Pembuatan Pupuk Organik Cair dan Padat serta Penanaman Sayur Organik yang saat ini sebenarnya sudah berjalan kecil-kecilan.

Khusus mengenai penanaman Sayur Organik ada pola unik yang diterapkannya, yakni bibit yang telah ditanam di poly bag ditempatkan di beberapa rumah warga dengan cara sosial juga, yakni setiap rumah warga di sekitar KIM ditempatkan minimal 5 poly bag biar dipelihara pemilik rumah, dan apabila tiba saatnya Sayur yang berupa Sawi Daging dan Brungkul itu panen, maka dari 5 poly bag itu sang pemilik rumah kebagian mengambil 2 poly bag untuk dikonsumsi rumah tangga yang dititipi. Kentalnya pendekatan Sosial masih tetap mewarnai KIM SINAR HARAPAN ini.

Wajah KIM yang memang berkecimpung didalam kegiatan Sosial yang dilengkapi dengan Olah Informasi untuk masyarakat di sekitarnya ini menjadi semakin menarik, karena secara periodik (tiap bulan) dan insidental membuat brosur atau selebaran yang berisi informasi penting untuk disebar luaskan pada masyarakat. Isi selebaran itu beragam mulai dari persoalan lingkungan seperti pentingnya PSN, bersih-bersih lingkungan, informasi kebijakan pemerintah dan bentuk kepedulian sebar informasi yang diperkirakan informasi itu sangat diperlukan oleh masyarakat setempat.

Sementara itu yang menjadi kegiatan KIM SINAR HARAPAN, selain juga masih aktif dalam kegiatan Sosial dengan segala personalan lain didalamnya, juga secara personal banyak memberikan informasi kembali kepada masyarakat tentang berbagai kebijakan pemerintah dan sekaligus menyerap informasi dari masyarakat untuk disampaikan kepada Bagian Humas melalui SMS.
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

LAYANAN E-KTP

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger