Home » » Pembukaan Diklat Pengurus Barang se-Kab. Lumajang

Pembukaan Diklat Pengurus Barang se-Kab. Lumajang




Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional dibidang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Bimtek sangat penting sekali dalam upaya pemantapan tertib administrasi. Dalam rangka penyamaan persepsi, pemahaman dan pendalaman materi Peraturan PerUndang-Undangan yang berkaitan dengan pengelolaan barang milik daerah, yang dilaksanakan oleh pihak sekolah dan UPT Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah sangat penting kata Bupati Lumajang saat membuka Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah bagi Pengurus Barang Daerah pada Dinas Pendidikan, UPT Kecamatan dan SD se-Kabupaten Lumajang di Pendopo Kab. Lumajang, Senin (3/3).

Berbicara tentang pengelolaan barang milik daerah, haruslah diawali dengan pendataan yang benar dan tersedianya data yang akurat. Penyelengaraan Bimtek bagi peserta yang nantinya akan bertugas sebagai pengurus barang milik daerah Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan langkah yang tepat, jelas Resman. Lebih lanjut dalam rangka penyempurnaan proses penatausahaan barang milik daerah yang dimulai dengan kegiatan investarisasi, pembukuan dan pelaporan dari masing- masing Sekolah Dasar se-Kabupaten Lumajang.

Dalam rangka tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang milik daerah diperlukan keseriusan dan ketelitian dari pengurus barang, karena untuk penyusunan Neraca Daerah hanya dapat dilakukan apabila disetiap SKPD khususnya Dinas Pendidikan yang membawahi sekolah-sekolah, tambah Resman. Kita harapkan untuk mendapatkan Opini Wajar Tampa Pengecualian, bimtek ini sangat membantu keberhasilan dalam pengelolaan barang milik daerah secara baik dan benar serta sesuai dengan ketentuan berlaku, yang akurat terhadap hasil audit BPK atas laporan Keuangan Daerah.

Kepala DPKAD Kab. Lumajang, Ibu Rachmaniah memberikan materi Wewenang dan Tanggung Jawab Pejabat Pengelolaan Barang Milik Daerah. Ketua Panitia Win Hari Andi, SE, MM melaporkan, peserta Bimtek ini direncanakan 391 orang pengurus barang yang terdiri 6 (Enam) angkatan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 minggu untuk 5 (enam) angkatan pada tanggal 3-7 Maret 2014. Pelatihan dilakukan melalui metode ceramah diskusi dan tanya jawab terdiri dari materi Wewenang dan Tanggung Jawab Pejabat Pengelola BMD, Teknis Pengelolaan BMD dan Penatausahaan BMD.  (anam/ kim-olmj)
Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger