Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Kunjungan Kerja Di PG. JATIROTO - KIM SINAR HARAPAN

Breaking

Sabtu, 03 Agustus 2013

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Kunjungan Kerja Di PG. JATIROTO


Di hari kedua usai kunjungan ke SD DITOTRUNAN 01 atau SD LOWO, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur Jawa Timur Pak Dhe Soekarwo dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur, Bupati Lumajang Bapak Sjahrazad Masdar ikut mendampingi SBY untuk meninjau Pabrik Gula (PG) Jatiroto Kabupaten Lumajang, Rabu (31/7). Rombongan disambut oleh jajaran direksi dan para pekerja PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XI.


Saat tiba, Presiden SBY dan Ibu Ani, Gubernur Jatim dan Bude Karwo, beserta para menteri terkait dan Bupati Lumajang terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan proses produksi gula hasil Pabrik Gula Jatiroto. Pabrik Gula Jatiroto merupakan salah satu dari 16 pabrik yang dimiliki PTPN XI.
Pabrik gula yang berdiri sejak 1904 ini mempekerjakan 2.000 karyawan tetap dan sekitar 16 ribu karyawan kontrak maupun harian. Pabrik ini mulai dioperasikan sejak tahun 1910 terdiri dari 2 bagian besar yakni pabrik penggilingan dan pabrik tengah.
Tebu yang digunakan pabrik gula ini merupakan hasil perkebunan tebu milik petani dan PG Jatiroto sendiri. Ada 10.000 hektar lahan perkebunan tebu yang digunakan terdiri dari 5.000 hektar milik petani dan 5.000 hektar milik PG Jatiroto.
Sebagai informasi, satu hektar lahan tebu dapat menghasilkan 7 ton gula dan Pabrik Gula Jatiroto mampu menghasilkan 490 ton per hari. Untuk produk unggulannya yakni Gupalas (Gula Pasir Sebelas). PG Jatiroto terus berbenah diri dalam memproduksi gula. Tahun 2013 ini, PG Jatiroto menargetkan untuk produksi gula sekitar 450 ribu ton.
Setelah meninjau PG Jatiroto, Presiden SBY untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Jember untuk meninjau Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Pantai (UPPPP) di Desa Puger dan PT. Mitratani Dua Tujuh di Desa Mangli Kecamatan Kaliwates.
Terima Kasih Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Gubernur Jawa Timur Pak Dhe Soekarwo dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Timur telah mengunjungi Kabupten Lumajang tercinta ini untuk dan mengunjungi PG. Jatiroto sebagai Pabrik Gula terbesar di Jawa Timur.
Foto by  : Humas Pemda Lumajang
Penulis : Muhammad Khoirul Anam
Editor    : Muhammad Khoirul Anam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..

Pages