Home » » Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Manfaat Bubur Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil


Ibu Hamil jika ingin anak rambutnya subur maka ketika hamil sering-seringlah makan bubur kacang hijau. Kelihatannya hanya sepele saja namun tips ini bisa dicoba karena kebanyakan yang sudah mencoba anak lahir hingga besar mempunyai rambut yang subur. Berbeda dengan yang tidak pernah makan bubur kacang hijau hasilnya berbeda jauh dengan yang sering memakan bubur kacang hijau. Hal ini bisa dilihat dari rambut anak kelak ketika lahir dan beranjak besar pertumbuhan rambut begitu subur dan bisa merata.
Sumber gizi pada kacang hijau ini ternyata sangat bagus sehingga bisa menyuburkan rambut anak. Ada baiknya silahkan untuk mencoba tips ini dan lihat hasilnya kelak akan sangat mengagumkan, Ibu hamil sangat banyak membutuhkan nilai gizi agar anak kelak sehat dan pintar. Mengenai nilai gizi yang terkandung dalam kacang hijau berikut beberapa penjabaran. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%.
Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang- kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein dan karena kacang hijau kaya akan protein, maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud. Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.
Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berguna untuk pertumbuhan.
Awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri, selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pada pertumbuhan tubuh dapat diperbaiki.
Dengan mengkonsumsi kacang hijau maka akan membantu meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan, karena secara tidak langsung, peran tersebut sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan tubuh. Berikut beberapa kesimpulan manfaat kecambah kacang hijau antara lain :
  1. Antioksidan kecambah membantu memperlambat proses penuaan
  2. Mencegah penyebaran sel kanker
  3. Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan
  4. Sangat baik untuk menjaga keasaman asam lambung dan melancarkan pencernaan.
  5. Berguna untuk kecantikan yaitu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Share this article :

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar. Terima Kasih..


LAYANAN E-KTP

KAMPANYE IMUNISASI MR

JADWAL HUT RI KE-72

 
Sekretariat KIM Sinar Harapan : Jl. Raya Tukum No. 7/ 11 Desa Tukum | Kecamatan Tekung | Kabupaten Lumajang
Copyright © 2013. KIM SINAR HARAPAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger